ME VS BOOK

ME VS BOOK
O_o

Kamis, 27 September 2012

RPP bahasa inggris, Kelas XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah           :  SMAN 6 Cipocok
Mata pelajaran :  Bahasa Inggris
Kelas/semester:  XI/I
Aspek/Skill      :  mendengarkan dan berbicara
Alokasi waktu :  4 x 30 menit
Pertemuan ke : 1 dan 2

A.    Standar Kompetensi
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
                               I.            Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi ) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancer, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur; menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas.
                            II.            Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur; menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas dan menyatakan tidak puas.

C.     Tujuan pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu :
1.      Merespon tindak tutur menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas dan menyatakan tidak puas.
2.      Mengungkapkan tindak tutur menyampaikan pendapat, meminta pendapa, menyatakan puas dan menyatakan tidak puas.

D.    Materi pembelajaran
v  Asking other people’s opinions:
  What do you think of…
  Do you have any idea?
  What’s your opinion?
  Please give me your frank opinion.
  How do you like…?
v  Expresing opinion
  I think/ I feel/ I believe…
  In my opinion/view…
  I personally think/feel/believe…
  In my mind…
  Well, personally…
v  Saying that you agree
  Yes, I agree with you.
  I think so
  I absolutely agree
  That’s right
  I don’t have any objection
v  Saying that you  don’t agree
  I don’t think so
  I disagree
  I’m not sure about it
  I think it is possible, but…
  I see your point, but…
v  Asking about satisfaction/dissatisfaction
-          Are you satisfied?
-          Do you want to complain about something?
-          Is everything O.K.?
-          How do you like...?
-          Is everything satisfactory
v  Expressing satisfaction
-          I really like
-          Everything’s fine, thanks.
-          Good Enough
-          It was okay
v  Expressing dissatisfaction
-          I don’t like...
-          I have a complaint...
-          I’m very dissatisfied with the condition.
-          I’m a little dissatisfied with the service here
-          I want to make a complaint.
v  Responding to dissatisfaction
-          I’m sorry to hear that.
-          I see.
-          I’ll see what I can do about it.
-          I’ll try and take care of it.
-          I’ll look into it.

Example 1 :
Rini : Hi Nina, would you like to go to cinema with me this weekend?
Nina : Ya sure, but I’m still wondering which movie we are going to see?
Rini : What do you think about Nenek Gayung movie?
Nina : I don’t think so.  I don’t like horror movie.
Rini : Oke, Do you have any idea?
Nina : How about ayat ayat cinta?
Rini : Good Idea.
Nina : Ya. I heard this movie based on Habiburahman’s novel. In my opinion it must be an Islamic love story.
Rini : Oke, I agree with you.
Nina : sure, see you next day. J

Example 2:
Dika : Hi Nina, Hi Rini!
Nina : Hi Dika.
Dika: I heard that both of you went to the cinema this weekend.
Rini : Ya, we did.
Dika : Are you satisfied with the movie?
Nina : I really like this movie!!
Rini : But I’m a bit disappointed  with the polygamy.
Nina : Ya, I see.

E.     Metode pembelajaran
Metode            : diskusi
Pendekatan     : Communicative language teaching

F.      Langkah-langkah pembelajaran
                               I.            Kegiatan pendahuluan
Apersepsi :
·         Menyapa dan mengkondisikan kelas.
·         Membacakan tujuan pembelajaran.


                            II.            Kegiatan inti
Eksplorasi :
·         Guru menjelaskan ungkapan-ungkapan bagaimana menyatakan pendapat, meminta pendapat, menyatakan rasa puas dan menyatakan rasa tidak puas.
·         Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas dan tidak puas.
·         Guru membagi siswa menjadi berpasang-pasangan.
·         Guru membimbing siswa untuk mempelajari intonasi dan cara pelafalan tindak tutur menyatakan pendapat, meminta pendapat, menyatakan rasa puas dan menyatakan rasa tidak puas.
Elaborasi :
·         Guru meminta siswa untuk membuat contoh dialog yang menggunakan tindak tutur menyatakan pendapat, meminta pendapat, menyatakan kepuasan dan rasa tidak puas secara berpasang- pasangan.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi secara berpasang-pasangan.
·         Guru membimbing siswa untik mempresentasikan hasil kerja di depan kelas dengan percaya diri.
Konfirmasi :
·         Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa tentang materi ajar yang telah dipelajari.

                         III.            Kegiatan Penutup
·         Melakukan refleksi tentang pembelajaran hari itu
·         Menarik kesimpulan dan memberikan motivasi terhadap siswa.

G.    Sumber belajar
  Buku Look A Head halaman 84 &79

H.    Penilaian
  Indikator penilaian : siswa mampu melakukan percakapan yang melibatkan tindak tutur pemberian pendapat, menyatakan puas dan tidak puas.
  Teknik :
·         Lisan :presentasi/ melakukan percakapan di depan kelas secara berpasang-pasangan.
·         Tulisan : membuat percakapan secara berpasang-pasangan.
  Instrument : please make the dialogue that consist of expressing opinion, asking other people’s opinions, satisfaction and dissatisfaction!
  Rubrik penilaian


Kriteria

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Nilai

100

90

80

70
                                                                                   

                                                                                                            Serang, ______2012
                
               Guru Mapel Bahasa Inggris                         Guru (Pamong) Mapel Bahasa Inggris


               _________________________                   ___________________________
               NIM.                                                                        NIP.

Mengetahui
Kepala Sekolah


___________________________
NIP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar